Image adalah
representasi grafis dan visual dari beberapa informasi yang dapat ditampilkan
pada layar komputer atau dicetak.
Bentuk – bentuk image
Image terbagi dalam
beberapa bentuk , seperti :
-
Fotografi
-
Gambar
-
Lukisan
-
Televisi
-
Gambar
gerak
-
Peta, dan lain - lain.
Perananan Image
Image berperan penting
dalam dunia multimedia, diantaranya :
-
Navigasi
-
Komponen antarmuka pengguna
-
Bantuan Sistem
-
Clip art
Raster/Bitmap Image
a. Raster Image
Raster Image adalah
gambar yang terbentuk dari titik – titik warna yang memiliki kedalaman warna
dan kerapatan tertentu antara satu titik dengan titik lainnya. Titik – titik
warna tersebut biasa disebut dengan Pixel. Pixel
adalah elemen terkecil dari resolusi di layar komputer (Screen Resolution).
Macam – macam raster
image :
1.
Microsoft bitmap (.bmp)
Digunakan di Microsoft windows
2.
TIFF – Tagged Image File Format (.tif)
Digunakan untuk faxing images (lebih
banyak digunakan untuk yang lain)
3.
JPEG – Joint Photographic Expert Group (.jpg)
Berguna untuk menyimpan gambar foto
4.
GIF – Graphics Interchange Format (.gif)
Banyak digunakan pada situs web
5.
PNG – Portable Network Graphics (.png)
Format baru untuk web grafis
6.
PCD – Kodak Photo CD
Format baru untuk
menyimpan gambar dalam dikompresi dari pada CD
Kelebihan dan
kekurangan raster image :
Kelebihan:
-
Menyampaikan detail informasi dengan cepat
-
Kehidupan nyata
Kekurangan
-
Tergantung pada resolusi
-
Berpengaruh terhadap kualitas sebuah gambar
-
Ukuran file tersebut menjadi besar
Software yang
mendukung raster image
1.
Adobe Photoshop
2.
Adobe Fireworks
3.
Corel Paint shop pro
4.
microsoft paint
5.
microsoft photodraw
6.
Open canvas
b. Bitmap Image
Gambar
bitmap adalah rekonstruksi dari gambar asli dan disimpan sebagai rangkaian
pixel (titik - titik) yang memenuhi bidang monitor. Resolusi dan kualitasnya
bergantung pada gambar asli.
Vektor/Metafile Image
Gambar jenis vektor
tidak disimpan sebagai gambar berbasis pixel, tetapi sebagai rangkaian
instruksi algortima kurva, garis (arah dan ukurannya) serta warna dan berbagai
bangun lainnya.Vektor gambar menyimpan set
grafik primitif yang diperlukan untuk mewakili gambar.
Sebuah
primitif grafis adalah grafis sederhana berdasarkan gambar elemen atau objek
seperti bentuk persegi, garis, elips, busur, dll. Gambar terdiri dari satu set
perintah (persamaan matematika) yang ditarik objek bila diperlukan.
Bentuk
Primitive geometric drawing :
1.
Basic : Line, Polyline, arc,
Bezier curve
2.
Text : font, weight
3.
Shapes : Circle, ellipse,
rectangle, square, pie segment, triangle, pentagon dll
Macam-macam format
vektor image:
1.
Windows Metafile (.wmf)
2.
SVG – Scalable Vector Graphics (.svg)
3.
CGM – Computer Graphics Metafile (.cgm)
4.
Adobe Postscript (.ps)
5.
Adobe Portable Document Format (.pdf)
6.
Drawing Exchange Format (.dfx)
7.
Encapsulated Postscript (.enf)
Kelebihan dan kekurangan vektor image
Kelebihan
-
Tidak memerlukan banyak memori untuk menyimpan
-
Lebih mudah untuk memanipulasi
Kekurangan
-
Tingkat keterbatasan detail terlihat pada gambar
Software
yang mendukung vektor image
1. Adobe Flash
2. Adobe Illustrator
3. Adobe Freehand
4. Microsoft Silverlight
Perbedaan Tipe Compression Image
a.
Lossless compression
Adalah salah satu dari tipe compression image
dengan cara memodifikasi data yang terorganisir atau diwakili untuk mengurangi
ukuran penyimpanan.
b.
Lossy compression
Cobalah untuk memaksimalkan kompresi tanpa
kehilangan jelas bagi pengguna manusia. Hapus
detail selama kompresi. Kompresi diulang menyebabkan kerugian dalam
kualitas.
c. Warna
Warna adalah komponen
penting multimedia. Manajemen warna baik subjektif dan teknis dilihat dari beberapa
tahap. Memilih warna yang
tepat dan kombinasi warna untuk proyek dapat melibatkan percobaan sampai Anda
merasa hasil yang tepat.
d.
Memahami alam dan warna cahaya
Cahaya berasal dari sebuah atom
ketika sebuah elektron berpindah dari yang lebih tinggi ke tingkat energi yang
lebih rendah, sehingga setiap atom menghasilkan warna unik yang spesifik.
e. Graphics
Graphics adalah salah satu perangkat yang
digunakan untuk membuat gambar dan mendesain aplikasi multimedia.
f.
Model 3 – Dimensional Graphics
Sebuah variasi dalam format vector yang berguna
sebagai spesifikasi dalam koordinat x, y,dan z. Model 3D graphics ini dapat
ditemukan dalam bentuk kubus, balok, pyramid, dll.
g. Image Hardware
o
Hardware untuk menangkap/memindahkan image
§ Scanner
Adalah alat atau perangkat keras yang digunakan
untuk memindahkan image atau gambar dari hardware lain sehingga dapat dilihat
atau disimpan dalam komputer. Kegunaan scanner adalah untuk cek resolusi
optimal dari gambar.
Bentuk scanner :
–
Drums
–
Flat-bed
–
Negative/slide
–
Hand held
§ Kamera digital
Menggunakan memori digital yang tersimpan di
dalam kamera yang dicetak dalam film dan gambar yang ditangkap ditransfer ke
dalam komputer melalui kabel. Salah satu jenis tipe kamera adalah Camcoder atau
PC webcam yang merupakan produk rumahan dengan resolusi rendah.
o
Hardware untuk menggambar / mengedit image
§ Graphics / digitizer tablet pen
Ditujukan untuk menggambar oleh para digital
artis dengan sensitivitas yang tinggi (touch screen) dan dapat menggunakan
mouse untuk membantu menggambar dengan hasil yang bagus.
Bekerja dengan grafis harus mempertimbangkan
pedoman – pedoman sebagai berikut :
–
Pilihlah grafis yang sesuai dengan pekerjaan
Anda
–
Pilihlah software yang sesuai
–
Gunakan kedalaman warna minimum
h. Jenis dan kegunaan grafis secara efektif
Garis adalah representasi gambar grafis dari
benda-benda fisik.
Ada 3 macam gambar garis:
–
Isometric : merupakan objek 3-D tanpa perspektif
realistis
–
Ortografik : adalah representasi 2-D dari obyek
–
Perspektif : merupakan objek dalam bentuk yang
paling realistis
Grafik dan Tabel
Hanya dalam sekejap, grafik dapat menyediakan
data spesifik, menunjukkan kecenderungan umum data atau menggambarkan hubungan
antara data yang ada dan data yang baru.
Diagram
Membantu pengguna konsep
proses, aliran atau keterkaitan. Contoh diagram meliputi: diagram flow, skematis gambar dan diagram blok.
i.
Kelebihan dan kekurangan menggunakan Image
Kelebihan
–
Menyampaikan banyak informasi secara cepat
–
Dapat menambahkan simulasi visual dan warna
–
Dapat berkomunikasi lintas batas bahasa
–
Meningkatkan media lainnya
Kekurangan
–
Tidak memberikan penjelasan secara mendalam
–
Grafik
jarang digunakan untuk menyampaikan seluruh pesan dalam pengaturan bisnis,
teknis atau keselamatan
–
Dapat disalahartikan
–
Grafik harus digunakan dengan hati-hati untuk memastikan agar
pesan tidak ambigu atau cryptic