Sign-up for FREE weekly Newsletter.

Thursday, January 16, 2014

Pertemuan 5 - Prototype

Be the first to comment!
Labels: , , ,
Pengertian prototype?
Dalam perancangan sistem interaktif, prototype bisa berupa:
       Serangkaian skets layar
       Sebuah storyboard, i.e. a cartoon-like series of scenes Powerpoint slide show
       Video yang mesimulasikan penggunaan sebuah system
       Model dari kayu(contoh. PalmPilot)
       cardboard mock-up
       Sebuah perangkat lunak dengan fungsionalitas terbatas yang ditulis dengan suatu bahasa pemrograman

Alasan membuat prototype?
          Evaluasi dan umpan balik sangat penting dalam perancangan
          Para Stakeholders dapat lebih mudah melihat, memegang, dan berinteraksi dengan prototype dari pada dengan dokumen atau gambar
          Anggota tim bisa berkomunikasi secara lebih efektif
          Lebih mudah mencoba ide-ide baru
          Mendorong pemikiran lebih dalam aspek perancangan yang sangat penting.
          prototype mendukung perancang dalam memilih alternatif rancangan
Hal-hal yang harus dibuat prototype?
       Technical issues
       Work flow, task design
       Screen layouts and information display
       Difficult, controversial, critical areas
Dua Pendekatan dalam Pembuatan  Prototype
          Evolutionary: the prototype eventually becomes the product
          Revolutionary, or throwaway: the prototype is used to get the specs right,then discarded!!

Horizontal prototype à broad but only top-level
Vertical prototypeà deep, but only some functions

Low-fidelity Prototyping
          Menggunakan media yang tidak sama dengan media sistem final, contoh: paper, cardboard
          Cepat, murah dan mudah diubah
          Contoh-contoh:
            sketches of screens, task sequences, etc
            ‘Post-it’ notes
            storyboards
            ‘Wizard-of-Oz’
Storyboard
          Sering dibuat menurut sebuah skenario, memberikan gambaran lebih terinci.
          Serangkaian gambar/sketch yang memperlihatkan bagaimana pengguna bisa menjalankan aplikasi sesuai tugas
          Dilakukan pada awal proses perancangan
          Storyboard = prototip berbasis kertas
Alat untuk menvisualisasikan proyek anda:
•      Navigasi àtampilan visual jalur-jalur navigasi
           Interaktifitas àdalam bentuk kata-kata diatas kertas
•     rancangan layar àLayout dasar, warna dasar
          Sketch kasar àuntuk key frames, menus, etc.
Storyboarding is about conceptual thinking, not art. [Al Brown, Presentations magazine, 1997]

Pembuatan Sketch
          Pembuatan sketch sangat penting dalam pembuatan low-fidelity prototype
          Tidak tergantung pada ketrampilan menggambar, gunakan simbol-simbol sederhana.
 Prototype berbasis kartu
          Kartu index (3 X 5 inches)
          Setiap kartu menggambarkan satu layar atau sebagian dari layar.
          Sering dipakai dalam pengembangan situs web.
Kartu Index
          Umum dipakai dalam pengembangan situs web
          Juga berguna untuk aplikasi dengan jumlah layar yang banyak
          Setiap kartu mewakili sebuah layar.
          Sangar membantu dalam mengorganisasikan situs web.
          Bisa membantu dalam pembuatan arsitektur informasi

‘Wizard-of-Oz’ prototyping
          Pengguna mengira mereka berinteraksi dengan komputer, padahal seorang pengembang memberikan output secara manual menggantikan sistem.
          Biasanya dilakukan di awal proses perancangan untuk memahami keinginan pengguna.
          What is ‘wrong’ with this approach?
High-fidelity prototyping                     
       Menggunakan materi seperti produk final.
       Prototip lebih tampak seperti sistem final dari pada versi low-fidelity
       Perangkat lunak yang sering digunakan seperti Macromedia Director, Visual Basic, dan Smalltalk.

       Ada bahaya karena bisa mengakibatkan pengguna mengira sudah mendapatkan sistem yang sudah jadi  

Monday, July 29, 2013

Pengertian video

Be the first to comment!
Labels: , , , , ,

Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak.
Berbagai jenis film yang ada antara lain :
·         Movie Dari Film
·         Analog Video
Video yang informasinya disimpan menggunakan signal dari video televise, film, videotape atau media non komputer lainnya. Dimana setiap frame direpresentasikan menggunakan signal listrik yang dikenal sebagai gelombang analog atau video komposit yang telah mempunyai semua komponen video yaitu : pencahayaan, warna, dan sinkronisasi.
Proses pengeditan pada tape analog adalah proses yang linear.
·         Untuk mendapatkan bagian yang kita inginkan, maka kita harus memajukan atau memundurkan video tape.
·         Untuk menggerakan bagian ke tempat lain di urutan video tersebut, maka kita harus antara merekam ulang bagian tersebut atau memotong dan menyambungkan video tape itu lagi.

·         Digital Video
Digital video adalah proses pendigitalan dari signal video analog menjadi format angka. Dimana akan membuat ilusi dari gerakan yang ditampilkan oleh urutan cepat perubahan gambar ke layar.
Digital video terdiri dari beberapa bitmap gambar – gambar digital yang tegak lurus ditampilkan dengan urutan yang cepat pada perbandingan yang konstan. Karena setiap frame adalah bitmap digital image yang tegak lurus maka setiap frame terdiri dari pixels.
Perubahan dari analog ke format digital membutuhkan penggunaan ADC (Analogue to Digital Converter).
Proses pengeditan video adalah proses mengedit segmen – segmen gerakan dari beberapa potongan video, efek spesial, dan rekaman suara. Pengeditan film gambar bergerak adalah nenek moyang dari video editing, dalam beberapa cara video editing mensimulasikan editing film gambar bergerak.
Proses pengeditan adalah proses yang non-linear. Dimana kita dapat memindahkan bagian dari video tersebut pada komputer dan memainkannya lagi.



Berbagai Jenis Video
1.      Video analog format elektrik
·         RF
·         Composite Video
·         Component Video
·         S-Video
·         RGB

2.      Video analog format kaset
·         Ampex
·         VERA (BBC)
·         U-matic (Sony)
·         Betamax (Sony)
·         Betacam
·         Betacam SP
·         VHS (JVC)
·         S-VHS (JVC)
·         VHS-C (JVC)
·         Video 2000 (Philips)
·         8mm tape
·         Hi8

3.      Disk optik format penyimpanan
·         D1 (Sony)
·         D2 (Sony)
·         D3
·         D4
·         D5
·         Digital Betacam (Sony)
·         Betacam IMX (Sony)
·         D-VHS (JVC)
·         DV
·         MiniDV
·         MicroMV
·         Digital8 (Sony)

4.      Video digital terpilih format encoding
·         CCIR 601
·         MPEG-2
·         H.261
·         H.263
·         H.264



Pertimbangan Ukuran File

Ukuran File = (Frame Size) x (Frame Rate) x (Color Depth) x (Time)
Dimana :
-       Frame Size = Ukuran gambar (width x height dalam pixels)
-       Frame Rate            = Frames per second
-       Color Depth           = Diukur dalam bytes
-       Time                      = Waktu dalam detik
(Namun ini tidak mengikutsertakan data berupa suara di dalamnya)

Bagaimana Video Dapat Digunakan Secara Efektif
·         Menampilkan prosedur fisikal. Penggunaannya antara lain :
o   Menginstall board dalam PC
o   Mengatur ulang timing mesin
·         Menarik dan mempunyai ketertarika. Penggunaannya antara lain :
o   Mengiklankan produk dan layanan
o   Mengajarkan teknik terbaru kepada karyawan yang sibuk
·         Membawakan skenarion. Penggunaannya antara lain :
o   Melatih teknisi untuk berespon kepada kerusakan peralatan
o   Mendemonstrasikan penggunaan produk
·         Menganalisa pergerakan. Penggunaannya antara lain :
o   Pergerakan tubuh untuk meningkatkan performa athletic
o   Pola lalu lintas untuk perencanaan transportasi

Standard Broadcast Video
·         NTSC : North America, South America, Japan
525 interlaced resolution lines
30 frames per second (fps)
·         PAL (Phase Alternate Line)
Australia, South Africa, Europe
625 interlaced resolution lines
25 frames per second (fps)
·         SECAM :  France, Russia
625 interlaced resolution lines
25 frames per second (fps)
·         HDTV :     Six different formats
Aspect ratio is 16:9

Format File Pada Digital Video
·         .MOV digunakan untuk Quicktime, standard dari Apple. Bisa dimainkan pada Macintosh dan Windows.
·         .AVI standard pada Microsoft. Bisa dimainkan pada Windowns dan Macintosh.
·         .MPEG (.MPG) bisa dimainkan pada Unix dan Windows.Bisa dimainkan pada Macintosh tetapi akan ada masalah pada Audio Track
·         .RM file yang digunakan oleh RealNetworks streaming. Bisa dimainkan pada Windows, MacOS, dan Unix computers.
·         .ASF file di Microsoft streaming format, bisa dimainkan di Windows, MacOS, and Solaris.
·         .WMV files di Microsoft format used in Microsoft MovieMaker

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Video
Keuntungan:
§  Menambah semangat bagi yang melihat
§  Menambah perhatian
§  Mengklarifikasikan aksi fisikal yang kompleks
§  Dapat menggabungkan media lainnya.
Kerugian:
§  Sangat mahal untuk diproduksi
§  Membutuhkan memori dan penyimpanan tambahan
§  Membutuhkan peralatan special
§  Tidak secara efektif menggambarkan konsep abstrak dan situasi static

 

Having Problem?

Ada masalah dengan website ini? atau ada saran untuk website ini? Segera Laporkan kepada kami

Support


Get this widget!

Copyright © 2013 All Rights Reserved Thesis skin by Manivasagam Converted into Blogger Template by Trinoto Rianto