Kios informasi/Information kiosk adalah sistem antarmuka pengguna yang menyediakan informasi dengan metode elektronik. Information Kiosk umumnya ditempatkan di tempat-tempat yang banyak dikunjungi di bandar udara, mall, terminal dan Public Place.
Di dalam Information Kiosk terdapat konsep yang dinamakan CAI(Computer Assisted Instruction) yaitu konsep dasar dari Instruksi sistem pembelajaran sebagai sarana untuk menilai kemampuan siswa, bahan pelajaran, menilai kemajuan siswa, serta Merekam kemajuan dan nilai siswa
Program software yang termasuk dalam kategori CAI yaitu Microsoft PowerPoint dalam proses pengajaran di sekolah, kantor maupun kampus. Microsoft powerpoint mempunyai fungsi untuk membantu kita mempresentasikan laporan, maksudnya powerpoint bisa menyusun bahan presentasi dan menyajikannya dalam bentuk visual yang menarik dalam waktu yang singkat.
Microsoft Power Point adalah suatu program aplikasi yang berfungsi untuk membuat presentasi dalam bentuk slide-slide
• Untuk menjalankan Wizard dalam mengorganisir informasi dan untuk merancang tampilan / presentasi
• Untuk membantu mengorganisir informasi presentasi dan membantu dengan tampilan keseluruhan.
• Untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu dan pembelajaran melakukan aktivitas belajar dengan cara berinteraksi dengan system computer sedangkan, menurut “Hannafin dan Peck” mengklasifikasikan ada 4 model program CAI yakni:
a) Driil and practice (latihan dan praktek)
b) Tutorials (penjelasan)
c) Simulasi, dan
d) Instruction games games (permainan)
Program software lain yang termasuk dalam penggunaan CAI yaitu
1. Alferos 3D
2. Macromedia Director
3. Power Presentations
4. Microsoft Office
5. Web Master dll
Virtual Reality dan Augmented Reality
Virtual reality memcahkan keterbatasan ruang dan memungkinkan pengguna untuk bertindak seolah-olah mereka berada di tempat lain. Secara sederhana dapat di artikan sebagai kita masuk ke dalam dunia maya
Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glovedan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.
Game-game yang menggunakan Virtual Reality ini, bisa kita lihat di dalam game SIMS, Idol Street(Online), Audition, dll.
Orang mungkin mengalami perasaan kehilangan realitas dan perasaan isolasi saat mereka berinteraksi dengan dunia buatan, bukannya dunia nyata dengan orang sungguhan. Akhirnya, virtual reality dapat meningkatkan pengangguran, lebih sedikit orang yang diperlukan untuk merancang proyek-proyek .
Kelebihan dari Virtual Reality
- Banyak sekali keuntungan menggunakan virtual reality pekerjaan yang dari susah dapat di jadikan mudah dengan menggunakan berbagai macam aspek dari komputer misalnya seperti merancang sesuatu bangunan seperti gedung , hotel dan rancangan denah rumah.
- Melakukan beberapa latihan yang rumit seperti latihan menerbangkan pesawat bisa kita lakukan dengan stimulator.
- Dan game” virtual reality bisa dijadikan pelarian bagi beberapa orang yang sudah penat dengan masalah di dunia realitas , misal seperti Second Life, the sims , dan fable
Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Secara sederhana dapat di artikan sebagai dunia maya yang hadir dalam kehidupan kita
Cara
kerja system Augmented Reality berdasarkan deteksi citra dan citra yang
digunakan adalah marker. Prinsip kerjanya sebenarnya cukup sederhana. Webcam
yang telah dikalibrasi akan mendeteksi marker yang diberikan, kemudian setelah
mengenali dan menandai pola marker,webcam akan melakukan perhitungan apakah
marker sesuai dengan database yang dimiliki. Bila tidak, maka informasi marker
tidak akan diolah, tetapi bila sesuai maka informasi marker akan digunakan
untuk me-render dan menampilkan objek 3D atau animasi yang telah dibuat
sebelumnya
Contoh
aplikasi menggunakan Augmented Reality yaitu iButterfly Indonesia(Game
menangkap kupu-kupu dengan shake android anda ketika kupu-kupu tepat pada
target), My Butterfly(Merupakan game karya salah satu vendor android yaitu
samsung).
kekurangan dari Augment reality
- Pelacakan sudut pandang pengguna.
- Membutuhkan device tambahan
keuntungan dari Augment reality
- Dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media.
- Dapat dijadikan sebagai sarana hiburan
- Militer Militer menggunakan teknologi ini untuk simulasi perang
Di Indonesia sebagian telah menggunakan Augmented
Reality dan Virtual Reality :
·
Kedokteran (Medical): Teknologi pencitraan
sangat dibutuhkan di dunia kedokteran, seperti misanya, untuk simulasi operasi,
simulasi pembuatan vaksin virus, dll. Untuk itu, bidang kedokteran menerapkan
Augmented Reality pada visualisasi penelitian mereka.
·
Hiburan (Entertainment):
Dunia hiburan membutuhkan Augmented Reality sebagai penunjang efek-efek yang
akan dihasilkan oleh hiburan tersebut. Sebagai contoh, ketika sesorang wartawan
cuaca memperkirakan ramalan cuaca, dia berdiri di depan layar hijau atau biru,
kemudian dengan teknologi augmented reality, layar hijau atau biru tersebut
berubah menjadi gambar animasi tentang cuaca tersebut, sehingga seolah-olah
wartawan tersebut, masuk ke dalam animasi tersebut.
·
Latihan
Militer (Military Training): Militer telah
menerapkan Augmented Reality pada latihan tempur mereka. Sebagai contoh,
militer menggunakan Augmented Reality untuk membuat sebuah permainan perang,
dimana prajurit akan masuk kedalam dunia game tersebut, dan seolah-olah seperti
melakukan perang sesungguhnya.
0 comments:
Confused? Feel free to ask