Manipulasi Langsung
• Representasi
visual (metafora) dari “dunia aksi”:
– Objek
dan aksi terlihat.
– Mengundang
pemikiran analogis.
• Aksi
yang cepat, inkremental, dan dapat dibatalkan.
• Mengetik
diganti dengan menunjuk dan memilih.
• Hasil
aksi langsung terlihat.
Kelebihan
:
• Kompatibilitas
kendali dan tampilan.
• Lebih
sedikit sintaks, karena itu tingkat kesalahan berkurang.
• Lebih
banyak pencegahan kesalahan.
• Lebih
cepat dipelajari dan lebih mudah diingat.
• Mendorong
penjelajahan.
Kekurangan
:
• Memakan
lebih banyak sumber daya sistem.
• Beberapa
aksi menyusahkan.
• Teknik
makro sering lemah.
• Sulit
dicatat dan ditelusuri.
• Sulit
digunakan oleh pemakai yang pengelihatannya terganggu.
Contoh
system manipulasi langsung :
• Command-line
vs display editor vs word processors
• Spreadsheet
• Spatial
data management
• Video
games
• Computer-aided
design (CAD)
• Office
automation
Command-line
vs Display Editor vs Word Processors
• Pada
1980-an, mengedit teks dilakukan dengan bahasa perintah berorientasi baris.
• Dengan
display editor kinerja meningkat dan waktu belajar berkurang.
• Awal
1990-an, word processor yang bersifat WYSIWYG diperkenalkan.
• Beberapa
kelebihan WYSIWYG word processor:
– Menampilkan
sehalaman penuh teks.
– Menampilkan
dokumen dalam bentuk sebagaimana akan terlihat pada bentuk cetakan.
– Menampilkan
aksi kursor yang terlihat.
– Mengendalikan
kursor dengan cara yang jelas secara fisik dan alami intuitif.
• Beberapa
kelebihan WYSIWYG word processor (Lanj.):
– Menggunakan
ikon berlabel.
– Menampilkan
hasil aksi segera.
– Memberikan
respons dan tampilan yang cepat.
– Memungkinkan
aksi dibatalkan.
Teknologi
yang Diturunkan dari Pengolah Kata
• Integrasi
grafik, spreadsheet, animasi, foto, dll. dalam badan dokumen (Windows: OLE).
• Desktop
publishing software, mis.: Adobe PageMaker, Corel Ventura.
• Slide-presentation
software, mis.: Microsoft PowerPoint.
• Hypermedia
environments, mis.: WWW, HyperCard.
• Fasilitas
makro yang diperbaiki, misalnya pada Microsoft Office.
• Spelling
checkers dan thesaurus, misalnya pada Microsoft Office.
• Grammar
checkers, misalnya pada Microsoft Office.
• Document
assemblers, misalnya Microsoft Office wizards.
Spreadsheet
• Lembar
kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan
baris.
• Mendukung
formula, makro, grafik.
• Contoh:
VISICALC, Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, Lotus Improv.
Spatial
Data Management
• Representasi
spasial dalam bentuk peta.
• Digunakan
dalam sistem informasi geografis (GIS).
• Contoh:
ArcView GIS dari ESRI, Inc.
Video
Games
• Bidang
aksi visual yang membangkitkan minat.
• Perintah
berupa aksi fisik dan hasilnya langsung terlihat.
• Game
komersial pertama: Pong (Atari).
• Kini
berkembang pada PC maupun mesin game seperti Sony Playstation, bahkan
handphone.
Computer-Aided
Design (CAD)
• Untuk
merancang mobil, rangkaian elektronik, arsitektur, pesawat terbang.
• Aplikasi
ini menyenangkan untuk digunakan karena objek yang diinginkan dapat
dimanipulasi secara langsung.
• Berhubungan:
Computer-Aided Manufacturing (CAM).
Office
Automation
• Sistem
office automation dewasa ini menggunakan prinsip-prinsip manipulasi
langsung.
• Contoh:
GUI: Windows, Mac OS.
Penjelasan
tentang Manipulasi Langsung
• Masalah-masalah
dengan manipulasi langsung:
– Representasi
visual atau visual dapat terlalu menyebar.
– Pemakai
harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual.
– Representasi
visual dapat menyesatkan.
– Mengetik
perintah di keyboard bisa lebih cepat.
• Sifat-sifat
sistem manipulasi langsung yang menguntungkan:
– Pemula
dapat belajar dengan cepat.
– Ahli
dapat bekerja dengan cepat.
– Pemakai
intermittent dapat mempertahankan konsep operasional.
– Pesan
kesalahan jarang dibutuhkan.
– Pemakai
langsung melihat jika aksi malah memperjauh tujuan mereka.
– Lebih
sedikit ketegangan.
– Pemakai
lebih percaya diri dan menguasai sistem.
Pemikiran Visual dan Ikon
• Konsep
bahasa visual dan pemikiran visual diajukan oleh Rudolf Arnheim (1972).
• Arah
baru pemikiran visual: WIMP (Windows, Icons, Mouse, Pull-down Menu).
• Ikon
adalah gambar atau simbol yang mewakili suatu konsep.
• Pedoman
perancangan ikon:
– Representasikan
objek atau aksi dengan cara yang dikenal.
– Batasi
jumlah ikon yang tampil.
– Buat
agar ikon jelas terlihat dari latar belakangnya.
– Pertimbangkan
ikon tiga dimensi: menarik tapi bisa mengalihkan perhatian.
– Pastikan
ikon yang terpilih jelas ketika dikelilingi yang tidak terpilih.
• Pedoman
perancangan ikon (lanj.):
– Pastikan
ikon dapat dibedakan dari yang lain.
– Pastikan
keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon.
– Rancang
animasi pergerakan ikon.
– Tambahkan
informasi rinci.
– Pikirkan
penggunaan kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau aksi baru.
Manipulasi Langsung Remote
• Piranti
dapat dioperasikan dari jarak jauh jika antarmuka pemakai yang memadai dapat
dibangun.
• Contoh:
telemedicine, yaitu perawatan medis melalui saluran komunikasi.
• Arsitektur
lingkungan manipulasi angsung remote mempunyai beberapa faktor
komplikasi:
– Penundaan
waktu.
• Penundaan
transmisi.
• Penundaan
operasi.
– Umpan
balik yang tidak lengkap.
– Umpan
balik dari berbagai sumber.
– Interferensi
yang tidak diantisipasi.
Lingkungan
maya
• Virtual
reality (kenyataan maya) adalah lingkungan buatan yang
diciptakan dengan hardware dan software dan dipresentasikan kepada pemakai
dengan cara sedemikian sehingga lingkungan tersebut tampil dan terasa seperti
lingkungan asli.
• Augmented
reality: dunia nyata dengan lapisan tambahan informasi.
• Situational
awareness: informasi tentang dunia nyata di sekitar pemakai dengan
mendeteksi pergerakan dan lokasi.
• Lingkungan
maya yang berhasil tergantung dari integrasi berbagai teknologi:
– Visual
display (biasanya ditempatkan di kepala sebagai head mounted display).
– Head-position
sensing.
– Hand-position
sensing.
– Force
feedback.
– Sound
input and output.
– Sensasi
lainnya (getaran, suhu, bau).
– Cooperative
and competitive VR.
0 comments:
Confused? Feel free to ask