Sign-up for FREE weekly Newsletter.

Monday, February 10, 2014

Pertemuan 8 - Collaboration and cooperative Social Media


Labels: , , ,

Definisi

  • Computer-Supported Cooperative work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi untuk mendkung sosial kerja, sering diantara mitra yang berjauhan
  • Hasil CSCW biasanya disebut Groupware
  • Groupware  adalah jenis software yang membantu kelompok kerja(workgrup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka
Tujuan Kerja Sama

  • Kemitraan terfokus : kerjasama antara dua pemakai yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
  • Kuliah atau demo : Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat lain. Waktunya di jadwalkan.
  • Proses kerja terstruktur : Orang yang peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan.
  • Electronic Commerce : kerjasama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis.
  • Rapat dan dukungan keputusan : Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan
  • Teledemokrasi : Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan, mencari konsensus melalio konferensi, debat, dan pemungutan suara online
Pengelompokan Sistem Kerja Sama
  • Matrikswaktu-ruang untuk mengelompokkan sistem kerja sama (Ellis et all 1991):


Waktu sama
Waktu berbeda
Tempat sama
Tatap muka (ruang kelas, ruang rapat)
Interaksi asinkron (penjadualan proyek, alat bantu koordinasi)
Tempat berbeda
Sinkron tersebar (shared editors, video windows)
Asinkron tersebar (email, bulletin boards, konferensi)

Asinkron tersebar : Tempat dan Waktu Berbeda

1. Email
  • Sifat : Struktur terlalu bebas, terlalu sulit untuk diatur, dan transien
  • Tools :
    • Filtering(message rules pada Microsoft Outlook)
    • Archibing (menimpan pesan lama)
    • Forwarding (meneruskan pesan)
    • Mailing List
  • Dapat mengandung gambar, suara, animasi, attachment, berupa file dsb.
  • Membuat email menjadi universal membutuhkan (Anderson et al 1995):
    • Peningktan penyederhanaan
    • Peningkatan pelatihan
    • Pemfilteran lebih mudah
    • Hardware yang murah
    • Jasa jaringan
2. Newsgroups dan komunitas jaringan
  • Diskusi elektronik terfokus pada kelompok
  • USENET newsgroups
    • Pemakai membaca catatan sebelumnya dan menanggapi
    • Terbuka bagi umum
    • Dapat di Search melalui web
  • Mailing list services
    • Pemakai harus berlangganan
    • menggunakan email
    • bisa ditagih moderator
  • Online conferences
    • mempunyai alat bantu untuk voting, direktori online pemakai dan doumen.
    • Web discussion board
    • Online newsletters
    • Komunitas jaringan bisa kontroversial: hacker, teroris, rasis

3. Collaborative Authoring
Wiki
          Situs web yang memungkinkan pengunjung dengan mudah menambah, menghapus, atau mengedit isi, sering kali tanpa registrasi terlebih dahulu.
          Wikipedia : ensiklopedia
          Wiktionary : kamus dan thesaurus
          Wikibooks : textbook dan manual
          Wikinews : berita
Karakteristik wiki
          Artikel bisa di edit kapanpun oleh siapapun (dengan pembatasan tertentu utk protected articles)
          Artikel bisa diedit menggunakan web browser.
          Artikel dilengkapi akses ke history/versioning
          Artikel dilengkapi akses ke halaman diskusi tentang artikel tersebut
          Penambahan atau modifikasi terbaru bisa dimonitor
Contoh Wiki :
Wikipedia : ensiklopedia
Wikibooks : textbook dan manual
Blogs

SINKRON TERSEBAR: TEMPAT BERBEDA, WAKTU SAMA
          Group editor: mengedit dokumen bersama. Contoh: GROVE.
          Shared workspace: menulis atau menggambar bersama (whiteboard), desain bersama, membuat dokumen bersama, mendukung kerja sama tim yang fleksibel. Contoh: TeamRooms, SEPIA.
          Shared screen: Melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama. Contoh: Timbuktu, PC Anywhere, Windows XP Remote Assistance.
          Interactive game networks: Bermain game yang sama melalui jaringan. Contoh: StarCraft, WarCraft, Counter Strike.
          Chat: Diskusi melalui antarmuka teks. Contoh: IRC, ICQ.
          Video conferencing & teleconferencing: Konferensi real-time dengan kemampuan audio dan video. Contoh: NetMeeting, CU-SeeMe, Polycom DTVC products (dulu PictureTel).
Contoh :
TeamWare Workplace (versi komersial TeamRooms dari University of Calgary)
Skype 1.0 & Skype

TATAP MUKA: TEMPAT DAN WAKTU SAMA
          Tampilan bersama dari komputer dosen: penggunaan proyektor untuk menayangkan presentasi.
          Audience response units. Menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan piranti khusus pada meja peserta.
          Text-submission workstations. Bercakap-cakap menggunakan keyboard dan software sederhana.
          Brainstorming, voting, and ranking. Digunakan pada electronic classroom atau meeting room. Mis. GroupSystems.

          File sharing. Penggunaan komputer dalam jaringan untuk memakai file secara bersama.
          Shared workspace. Ruang kerja yang sama yang dapat diakses oleh semua pemakai.
          Group activities. Para pemakai dapat mengerjakan soal, dan yang butuh bantuan dapat “mengangkat tangan” untuk menampilkan tampilannya pada shared display atau pada tampilan pemimpin.

PENERAPAN CSCW PADA PENDIDIKAN
          Koordinasi siswa dalam kelas virtual adalah proses yang rumit namun dapat memungkinkan pengalaman pendidikan yang mendorong bagi orang-orang yang tak dapat bepergian ke kelas biasa.
          Pengalaman belajar oleh individu yang lebih aktif termasuk menggunakan software di jam pelajaran, misalnya untuk:
          Menulis esai atau puisi.
          Mencari peristiwa-peristiwa penting dalam kelas sejarah.
          Menjalankan simulasi bisnis untuk meningkatkan kualitas produk.
          Melakukan analisis statistik.
          Melakukan landscaping dengan CAD dan paket grafik.
          Menulis program komputer.
          Mencari di Internet.

0 comments:

Confused? Feel free to ask

 

Having Problem?

Ada masalah dengan website ini? atau ada saran untuk website ini? Segera Laporkan kepada kami

Support


Get this widget!

Copyright © 2013 All Rights Reserved Thesis skin by Manivasagam Converted into Blogger Template by Trinoto Rianto